11 Oleh-Oleh Favorit Khas Surabaya!

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Surabaya, kota yang penuh keceriaan. Nah, sebelum Anda pulang, sebaiknya Anda membawa oleh-oleh atau cinderamata agar selalu mengingat kenangan dan cerita yang Anda bawa dari kota ini.
Bagi Anda pecinta kuliner, tentunya akan lebih pas jika membawa makanan khas Surabaya untuk dibagikan kepada keluarga dan teman.
Surabaya memang salah satu kota dengan makanan terenak, mulai dari makanan manis hingga makanan utama tersedia di sini.
Buat kamu yang sedang liburan atau berencana jalan-jalan ke Surabaya, ini dia rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya favorit kamu. Ingin tahu? Simak ulasan langsungnya di sini!

Khas Surabaya

1. Sambal Bu Rudy
Sambal Bu Rudy terkenal dengan rasanya yang gurih dan pedas yang akan membuat Anda ingin makan. Selain sambal merah yang menjadi ciri khasnya, ada juga sambal hijau dan sambal udang, dan lain-lain.
Sambal Bu Rudy bisa Anda temukan di berbagai supermarket di Surabaya atau bisa langsung mengunjungi Depot Bu Rudy di Jl. Dharmahusada No. 140, Surabaya.

2. Bandeng Asap
Ada beberapa cara mengolah bandeng. Di Semarang bandeng diolah menjadi bandeng duri lunak berbalut telur, sedangkan di Surabaya bandeng diolah menjadi bandeng asap. Anda bisa merasakan panggangan atau smokyhingga ke dagingnya.
Salah satu tempat yang menjual Ikan Bandeng Asap, Harvest Raya yang berlokasi di Jl. Raya Nginden No.88 B, Surabaya.

3. Bunarendang
Bunarendang, makanan yang lagi ngetren di kalangan anak muda Surabaya ini adalah singkatan dari Burger Nasi Rendang.
Makanan unik ini bisa Anda beli sebagai oleh-oleh di Sakinah Supermarket Surabaya, kawasan Dukuh Kupang, Jl. Manyar Surabaya.

4. Kerupuk Ikan Kenjeran Kerupuk
yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Kota yang kaya akan hasil laut ini juga terkenal dengan Kerupuk Ikan Kenjeran-nya.
Anda bisa membelinya mentah untuk digoreng nanti saat sampai di rumah. Kerupuk Ikan Kenjeran bisa Anda temukan di Jl. Sukolilo.

5. Petis
Bumbu yang sering dijadikan sebagai saus salad, tahu, dan aneka makanan khas Surabaya ini wajib Anda beli untuk dibawa pulang.
Petis sulit ditemukan di pasar atau supermarket di luar kota Surabaya. Mungkin karena bentuknya yang unik berupa balok-balok kecil?
Hanya dengan menambahkan air panas, dan Anda bisa mencelupkannya ke dalam berbagai makanan dengan petis ini. Selain itu, Anda bisa memasak masakan Surabaya dengan mudah dengan bumbu petis ini. Petis bisa Anda temukan di pasar atau supermarket di Surabaya.   makananringanindonesia.com

6. Abon Padmosusastro
Abon Sapi biasanya identik dengan rasa yang manis, namun berbeda dengan abon khas kota Surabaya ini. Karena abon sapi khas Surabaya ini menyediakan dua rasa yaitu pedas dan manis.
Anda bisa membeli Abon Sapi Padmosusastro di Jl. Padmosusastro, Surabaya.

7. Rempah-Rempah Kuliner Surabaya
Bila rindu masakan Surabaya, tak perlu khawatir. Beli saja bumbu-bumbu yang tersedia di pasar. Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama dengan mencampurkan bumbu-bumbunya.
Kerinduan Anda akan terobati tanpa harus menunggu waktu luang untuk berkunjung kembali.

8. Sirup Mangrove
Tanaman mangrove sebenarnya bisa diolah menjadi sirup, dan ini hanya bisa Anda temukan di Surabaya. rasa segar; asam dan manis, adalah ciri khasnya.
Sirup mangrove bisa menjadi minuman pilihan Anda setiap hari. Anda bisa menemukan sirup mangrove ini di Jl. Sonnetaria Rungkut, Surabaya.

9. Siropen Telasih
Sirop dari Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1920-an dan biasanya hanya diminum oleh kalangan bangsawan.
Siropen Telasih tidak menggunakan bahan pengawet dalam mengolah sirupnya dan tersedia dalam berbagai rasa yang biasanya tidak Anda temukan pada sirup biasa seperti jeruk keprok, mawar, vanilla, dan lain-lain.
Anda bisa membeli oleh-oleh ini di pabrik yang langsung berlokasi di Jl. Milwis, Surabaya.

10. Lapis Surabaya Spikoe
bertentangan dengan rangkap spekkoek yang terdiri dari banyak susunan. Lapis Surabaya Spikoe hanya memiliki 3 lapisan tetapi manis, lembut dan mentega.
Menggunakan resep yang sama sejak zaman dahulu agar cita rasanya tetap terjaga. Banyak sekali pengunjung atau masyarakat Surabaya yang membeli Lapis Spikoe sebagai oleh-oleh atau dihidangkan saat lebaran.
Anda bisa mendapatkan Lapis Spikoe di Jl. Rungkut Madya No.70, Surabaya.

11. Almond Crispy
Dalam bentuk biskuit tipis dan renyah dengan taburan almond dan keju, Almond Crispy menjadikan Almond Crispy sebagai oleh-oleh favorit dari Surabaya. Anda bisa menemukan berbagai rasa dari Almond Crispy, yaitu matcha (teh hijau), original, dan cokelat.
Anda bisa membeli Almond Crispy di pusat oleh-oleh Jl. Raya Jemur Sari No. 164, Surabaya.
Nah itulah rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

Akhir Kata

Itulah Artikel “11 Oleh-Oleh Favorit Khas Surabaya!“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment