5 Kuliner Khas Semarang yang Cocok Dicoba Bersama Keluarga

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Kuliner Khas Semarang yang Cocok Dicoba Bersama Keluarga Liburan lebaran hampir usai. Banyak migran yang berpamitan dengan keluarga di kampung halaman untuk kembali ke luar negeri. Namun, tak sedikit juga yang masih memanfaatkan sisa waktu liburan untuk berwisata bersama keluarga.
Bagi Anda yang masih berkumpul dengan keluarga dan mencari tempat untuk dikunjungi, Semarang seakan menjadi tempat yang tak ada habisnya. Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata keluarga, Semarang juga kaya akan kuliner yang enak untuk disantap bersama.
Tak heran, karena Semarang merupakan gudangnya makanan enak. Di setiap sudut kota ini, Anda dapat menemukan berbagai makanan lezat yang memiliki cerita tersendiri. Buat kamu yang masih menghabiskan sisa libur lebaran, yuk ke 5 tempat makan legendaris di Semarang ini:

  • Nasi Ayam Bu Sami

Nasi Ayam Bu Sami merupakan salah satu destinasi kuliner yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain rasanya yang cenderung manis dan gurih sehingga bisa disantap segala usia, tempatnya juga cukup luas untuk Anda duduk dan makan bersama.
Lokasinya juga sangat mudah ditemukan lho. Soalnya, Nasi Ayam Bu Sami ini terletak di sebuah pusat kuliner di kawasan Simpang Lima Semarang. Jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Untuk makanan yang sudah melegenda dan sudah punya nama, nasi ayam Bu Sami ini juga tidak terlalu mahal. Anda bisa ‘karena’ satu porsi hanya dengan Rp. 13.000.
Untuk rasa, saya sangat suka dengan nasi ayam di warung Bu Sami. Rasanya yang manis dan gurih membuat saya ingin kembali ke Semarang lagi hanya untuk mencicipi nasi ayam Bu Sami porsi ini lagi.

  • Mie Jawa Pak Gareng

Menurut bawahannya, Pak Gareng mendapat julukan ‘gareng’ karena masih berjualan mie Jawa dengan berkeliling menggunakan gerobak. Alasannya karena dulu, saat menggoreng makanan, ada suara ‘adonan’ dari penggorengan. Hingga kini, gelar tersebut akhirnya mencuat dan menjadi identitas Pak Gareng yang bernama asli Puspito Sarjono.
Saat ini Pak Gareng sudah tidak ada lagi di gerobak. Warungnya yang terletak di Jalan Wotgandul Dalam No. 171, Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang ini tidak pernah sepi pengunjung meski Pak Gareng sudah tidak lagi memasak mie sendiri. Cita rasa yang klasik dan khas tentu menjadi faktor utama mie jawa ini tetap digemari. Apalagi saat hari libur seperti sekarang ini, warung mie Pak Gareng tidak pernah sepi pembeli.
Makanya kalau lagi cari tempat makan bareng keluarga di Semarang bisa banget ke sini lho. Harganya tidak mahal, kok. Hanya Rp. 15.000 per porsi. Ada beberapa pilihan menu yaitu mie goreng, mie kuah, bihun goreng, bihun kuah, dan nasi goreng.
Toko ini buka dari jam 10 pagi sampai habis. Selama liburan, Anda mungkin tidak ingin datang terlambat agar tidak kehabisan mie legendaris asal Semarang ini.   

  • Kari Bustaman Pak Sabar

Perbaikan Kota Tua yang seolah tak ada habisnya membuat Pak Sabar sedih. Pasalnya, para pelanggannya kesulitan menjangkau warung yang kini sudah pindah ke dekat Gereja Blenduk.
Jumlah pengunjung yang dulunya melebihi 150 orang per hari, berkurang drastis karena banyak jalan di Kota Lama yang ditutup untuk perbaikan. Untungnya, perbaikan Kota Tua hampir selesai dan Anda dapat dengan mudah kembali ke tempat gulai kambing khusus ini.
Pak Sabar tidak lagi berjualan menempel pada bangunan lama di belakang Gereja Blenduk. Ia kini menempati warung tak jauh dari tempat sebelumnya, yang lebih bersih dan tentunya lebih nyaman untuk Anda makan bersama keluarga. Oleh karena itu, mengajak keluarga makan gulai tanpa santan yang enak dan gurih pasti akan menjadi ide yang baik untuk mengisi liburan.
Usai menikmati gulai legendaris ini, Anda bisa jalan-jalan di kawasan Kota Lama yang kini berwajah baru dengan nuansa ala pejalan kaki di Eropa.
Jam buka toko ini adalah pukul 8 pagi hingga 7 malam. Untuk harga, seporsi nasi gulai campur dijual seharga Rp. 17.000 sedangkan gulai saja tanpa nasi harganya Rp. 26.000.

  • Gudeg Koyor Mbak Tum

Tidak hanya Jogja yang memiliki gudeg. Semarang juga punya. Gudeg ini pun jadi favorit Pak Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah lho. Ini Gudeg Koyor Mbak Tum yang menjadi favorit warga Semarang sejak tahun 1991.
Dulu, gudeg koyor Mbak Tum hanya menempati warung tenda kecil, jadi mungkin sulit untuk mengajak keluarga. Tapi, sekarang Mbak Tum sudah menyewa ruko di sekitar warungnya agar bisa makan lebih leluasa. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengajak keluarga untuk makan dan mencicipi kelezatan gudeg koyor Mbak Tum bersama-sama.
Anda bisa mengunjungi warungnya di Jalan MT Haryono, Mataram, Semarang Tengah, dari jam 5 sore hingga jam 3 pagi. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harga seporsi gudeg koyor Mbak Tum ini tidak terlalu mahal kok. Cukup merogoh kocek Rp 20.000, Anda sudah bisa mencicipi rasa gurih dari gudeg koyor yang terkenal ini. Jika Anda kebetulan menyukai petai, tambahkan lagi RP 10.000 untuk tambahan ‘mutiara hijau’ yang bisa membuat nasi gudeg Anda semakin menggiurkan.MAKANANRINGANINDONESIA.COM

  • Nasi Goreng Pak Karmin/Pak Hengky Babat

bersedia makan hidangan khas Semarang yang nikmat serta tempatnya lapang? Anda bisa mencoba nasi goreng babat gongso. Ada banyak sekali warung nasi goreng babat yang bisa Anda temukan di Semarang, karena makanan ini merupakan makanan khas yang banyak dicari oleh wisatawan dan warga sekitar.
Kalau bingung mau pilih nasi goreng babat yang mana, bisa baca rekomendasi 5 nasi goreng babat paling laris di Semarang. Jika Anda pergi dengan keluarga besar yang berarti membutuhkan tempat yang luas, mungkin Pak Karmin dan Pak Hengky bisa menjadi pilihan yang tepat karena kedua warung ini memiliki ruang untuk pelanggan yang cukup banyak.
Sesuaikan saja dengan waktu kuliner Anda bersama keluarga. Jika keluar pada siang hari, Anda bisa memilih Pak Karmin karena warungnya buka dari pagi hingga malam. Jika Anda jalan-jalan di malam hari, Anda bisa mencoba warung lain yang hanya buka setelah malam. Untuk harga, nasi goreng babat di Semarang rata-rata berkisar antara Rp. 20.000-Rp. 35.000.
Bagaimana Anda tahu ke mana harus membawa keluarga kuliner Anda? Ke mana pun mereka pergi, mereka pasti akan menyenangkan dan lezat. Ya Tidak? Yuk, mumpung masih ada waktu, ajak keluarga jalan-jalan sambil kulineran kuliner legendaris di Semarang. Jangan lupa ya, beli oleh-oleh dari Semarang untuk dibawa pulang ke kota perantauan. Tidak mahal tapi tetap enak.

Akhir Kata

Itulah Artikel “5 Kuliner Khas Semarang yang Cocok Dicoba Bersama Keluarga“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment