5 Oleh-Oleh Khas Brebes, Wajib Dibeli Saat Mampir!

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Berikut beberapa oleh-oleh khas Brebes yang wajib Anda bawa pulang saat berkunjung ke sana.
Brebes merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Saat berkunjung ke Brebes, Anda akan menemukan banyak toko oleh-oleh khas Brebes.
Ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Brebes. Mulai dari yang terkenal hingga yang mungkin belum Anda ketahui. terlihat teh, telur payau, teh, serta sejenisnya.

Daftar Oleh-oleh Khas Brebes

Berikut beberapa oleh-oleh khas Brebes yang wajib Anda bawa pulang saat berkunjung ke sana.

  • Telur asin

Ketika mendengar kata ‘Brebes’, Anda mungkin langsung teringat makanan berprotein ini.
Kabupaten Brebes memang terkenal sebagai penghasil telur asin dengan kualitas yang baik. Tak heran jika kulinernya laris manis di banyak tempat.
Terdapat banyak industri telur asin yang tersebar di seluruh kecamatan. Dan tentunya kualitasnya bisa berbeda-beda.
Anda harus pintar-pintar memilih telur asin yang berkualitas baik. Ciri-cirinya adalah memiliki kuning telur yang berwarna jingga sampai kemerahan. Saat digigit, airnya tidak keluar dan rasa asinnya tidak menyengat.  makananringanindonesia.com
Yang membedakan telur asin brebes dengan yang lain adalah proses pembuatannya.
Jika telur asin biasanya diolah dengan cara direbus, maka di Brebes telur asin diolah dengan empat cara. Ada telur asin rebus, oven, bakar, dan pindang.
Harga telur asin Brebes bervariasi. Tergantung jenis telur asin yang dibeli.
Telur Asin Rebus Brebes 10 isi dibandrol dengan harga 40 ribu rupiah. Sedangkan telur asin bakar, pindang dan oven seharga 40 ribu rupiah.

  • Bawang Merah

Selain telur, Brebes juga dikenal sebagai daerah penghasil bawang merah.
Jika Anda lewat bersama ibu atau istri Anda, cobalah mampir ke petani. Sesekali beli bawang bombay langsung di daerah penghasil.
Bawang merah Brebes memiliki daun berongga silindris berwarna hijau. Umbinya berwarna merah muda dengan bentuk umbi lonjong dan cincin kecil di leher cakram.
Bawang merah bisa didapatkan langsung dari petani. Harga per kilogramnya berkisar 24-31 ribu rupiah.

  • Kopi Capar

Selain menghasilkan bawang merah dan telur asin, Kabupaten Brebes juga memiliki komoditas kopi sebagai ciri khasnya. Ada 6 kecamatan penghasil kopi di Brebes,
Kabupaten Salem salah satunya yang dikenal dengan Kopi Capar. kelas kopi lokal yang hidup di lembah atas pedalaman Capar, Brebes, Jawa Tengah.
Desa yang terletak di ujung selatan Brebes ini tercatat sebagai desa penghasil kopi terbanyak setiap tahunnya.
Sudah ada pengolahan kopi untuk membuat bubuk kopi siap seduh di desa. Ada jenis kopi robusta, arabika dan kopi luwak.
Satu sarung kopi capar lazim dihargai dengan harga 15-35 ribu rupiah.

  • Teh Hitam ‘Kaligua’

tidak hanya kopi, Brebes serta yakni penghasil teh gelap nama lain Black Tea. Teh hitam ini dihasilkan dari perkebunan teh di selatan Brebes, Kaligua.
lebih-lebih, pengolahannya serta sanggup disaksikan langsung di sana. Teh hitam bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Mengingat kaya manfaat untuk kesehatan.
Harga satu bungkus teh hitam sekitar 6-10 ribu rupiah.

  • Olahan Bandeng

Setelah melihat keempat oleh-oleh di atas, mana yang ingin Anda beli terlebih dahulu? Tapi jangan lupakan makanan khas Brebes yang satu ini juga. Apa lagi kalau bukan Bandeng.
Jika sebelumnya Bawang Merah, Kopi Capar dan Teh Hitam perlu berkunjung ke daerah tersebut untuk bisa mendapatkannya, suguhan bandeng bisa Anda temukan di mana saja.
Ada berbagai olahan bandeng yang bisa menjadi oleh-oleh khas Brebes. Bisa berupa kerupuk tulang bandeng, abon bandeng, dan bandeng.

Akhir Kata

Itulah Artikel “5 Oleh-Oleh Khas Brebes, Wajib Dibeli Saat Mampir!“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment