8 Rekomendasi Makanan Ringan Khas Indonesia

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Jajanan Cemilan Khas Indonesia Dari sekian banyak varian jajanan yang beredar di Indonesia, terkadang sulit untuk memutuskan yang mana yang akan dibeli. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi jajanan khas Indonesia. Harapannya adalah Anda memiliki ide untuk membeli makanan ringan yang mana.
Ini dia 8 rekomendasi jajanan khas Indonesia!

1. Cireng

Cireng merupakan salah satu jajanan favorit di Indonesia. Bukti? Cireng dijual di mana-mana, mulai dari gerobak, warung makan, hingga restoran.
Cireng sendiri diyakini berasal dari daerah Jawa Barat. Camilan favorit ini terbuat dari campuran tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, dan daun bawang. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi adonan pipih yang dibulatkan seperti koin dan digoreng dengan minyak goreng.
Saat ini sudah banyak variasi bumbu pelengkap cireng. bahan yang setidaknya kesukaan serta diminati yakni resep rujak.makananringanindonesia.com

2. Keripik Singkong

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, keripik ini berbahan dasar singkong. Cara membuatnya cukup mudah. Singkong diiris tipis kemudian digoreng dengan minyak goreng. Agar gurih dan nikmat, singkong yang diiris tipis bisa dicampur dengan garam, bawang merah, dan bawang putih.
Keripik singkong sendiri sudah banyak mengalami perkembangan di Indonesia. Tidak hanya asin dan gurih, keripik singkong juga bisa dibuat dengan rasa asin pedas atau manis pedas. Keripik singkong jenis ini dikenal dengan keripik balado.
Oh ya, jika Anda malas untuk membuatnya sendiri, sudah banyak keripik singkong yang dijual dalam kemasan. tambahan yang setidaknya favorite serta diminati ialah resep rujak.makananringanindonesia.com

3. Keripik Pisang

Tidak hanya singkong, pisang juga bisa dijadikan keripik. Cara membuatnya mudah. Pisang diiris tipis, kemudian digoreng menggunakan tepung bumbu. Jika ingin keripik pisangnya gurih, Anda bisa mencampurkan campuran tepung dengan bawang putih.
Saat ini, keripik pisang dijual dalam berbagai rasa, seperti manis, asin, hingga cokelat.

4. Rengginang

Rengginang terbuat dari beras ketan kering. Bentuknya masih nasi utuh. Rengginang sendiri berbentuk bulat dan dijemur dengan cara dijemur. Kemudian, rengginang digoreng dengan minyak goreng. 
Rengginang sering ditambahkan bumbu sehingga memiliki rasa yang gurih.makananringanindonesia.com

5. Pisang Kering

Pisang tidak hanya cocok untuk keripik. Pisang juga cocok untuk makanan yang disebut pisang sale kering. Camilan ini sangat populer di Indonesia karena rasanya yang manis dan gurih.
Pisang Sale Kering sesungguhnya sanggup terbuat sendiri dengan gampang. Bahannya juga tidak sangat sukar, serupa aci terigu serta aci beras. Kalau malas sebenarnya banyak dijual pisang goreng kering, baik di supermarket maupun pusat jajanan.

6. Telur Gabus

Camilan favorit Indonesia lainnya adalah telur gabus. Saat ini, telur gabus tersedia dalam berbagai rasa. Salah satu yang paling terkenal adalah telur gabus dengan rasa keju. 
Telur gabus juga hadir dengan rasa yang manis. Biasanya rasa manis berasal dari gula merah yang dicampurkan ke dalam adonan.

7. Kuku harimau

Bentuk makanan ini menyerupai kuku harimau. Karena itulah jajanan ini disebut paku macan. 
Kuku harimau terbuat dari campuran tepung dan ikan. Rasanya gurih sehingga cocok disantap sebagai camilan tanpa pendamping makanan lain.
Anda bisa menemukan makanan ini di pusat jajanan atau pusat oleh-oleh.

8. Kuaci

Bentuknya kecil, sulit dimakan karena harus dikupas kulitnya, tapi kuaci sangat populer di Indonesia. Camilan ini benar-benar membuat ketagihan!
Sebenarnya toples itu terbuat dari apa? Sebenarnya ada beberapa jenis kuaci di pasaran. Beberapa berasal dari biji semangka, biji labu, dan biji bunga matahari. 
Bijinya kemudian dikeringkan dan diasinkan, sebelum dipanggang. 
Kuaci sendiri banyak dijual dalam bentuk paket di Indonesia. Beberapa merek kuaci terkenal, seperti Rebo dan Naraya.makananringanindonesia.com
Nah, dari delapan jajanan di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Akhir Kata

Itulah Artikel “8 Rekomendasi Makanan Ringan Khas Indonesia“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment