9 Rekomendasi Souvenir Bali yang Harus Dibeli

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Keseruan berwisata di pulau Bali tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah secara bersamaan.
Mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga kerajinan tangan, semuanya cocok sebagai oleh-oleh.
Meringkas dari berbagai sumber, berikut rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang.

  1. Baju Barong

Baju Barong merupakan salah satu pakaian yang memiliki ciri ciri khas barongan yaitu tokoh dalam mitologi Bali dan Jawa.
Barongan telah dipercaya sebagai sosok spiritual yang melindungi masyarakat Bali dan simbol kemenangan dan kebaikan. Pakaian dengan karakter barong sangat mudah ditemukan, seperti di toko oleh-oleh, pasar, atau mall.

  1. Udeng

Udeng atau ikat kepala sering digunakan oleh para pria Hindu di Bali karena memiliki makna khusus yang mengajarkan banyak hal.
Gaya dan bentuk udeng juga bermacam-macam. Misalnya, udeng putih polos yang biasa digunakan untuk ibadah.
Atau batik udeng yang bercorak warna-warni banyak digunakan pada saat perayaan adat hingga upacara adat.

  1. Ukiran tempurung kelapa.

Oleh-oleh khas Bali selanjutnya berupa kerajinan tangan yaitu ukiran batok kelapa seperti vas bunga, asbak, cangkir, teko, nampan, patung dan masih banyak lagi.
Selain ukiran, Anda juga bisa membeli tas yang terbuat dari rotan, topeng dari bambu, atau patung kayu.
Segala bentuk kerajinan dan ukiran mudah ditemukan hampir di setiap pusat perbelanjaan dengan harga yang bervariasi sesuai ukuran. 

  1. Kain Bali

Kain endek merupakan kain tenun khas Bali yang populer digunakan oleh kalangan bangsawan sejak tahun 80-an. Motif kain endek cukup beragam, bahkan ada motif khusus yang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.
Selain kain endek, Anda juga bisa membeli jenis kain lain untuk oleh-oleh seperti kain gringsing, rangrang, atau poleng.

  1. Kebaya Bali

Sama seperti daerah lainnya, pulau Bali memiliki kebaya khas tersendiri yang hingga saat ini sering digunakan dalam upacara adat.
Kebaya Bali identik dengan menggunakan senteng atau selendang yang biasanya diikat dengan simpul di sebelah kiri. Jika Anda tertarik untuk membeli aneka kebaya khas, Anda bisa mengunjungi Pasar Seni Kumbasari, Denpasar, Bali.

  1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani merupakan kopi asli Indonesia yang sudah mendunia karena menggunakan 100 persen biji kopi arabika.
Jenis kopi berikut ini dikenal memiliki aroma yang lembut dan rasa yang khas menyerupai jeruk, sehingga berbeda dengan kopi pada umumnya.
Karena banyak diminati oleh masyarakat luas, para turis asing kerap berburu kopi Kintamani untuk dijadikan oleh-oleh.makananringanindonesia.com

  1. Pia Legong

Dari sekian banyak kue pia khas Bali, pia Legong cukup istimewa karena proses pembuatannya masih manual sehingga jumlah produksi yang dijual terbatas.
Meski begitu, rasa kue pia yang mereka tawarkan enak dan ada berbagai varian seperti cokelat, keju, dan kacang hijau.
Lokasi toko pia legong hanya satu yaitu di Ruko Kuta Megah Jalan Bypass Ngurah Rai dan tidak ada cabang.

  1. Bali Cokelat surgawi

terbaru adalah oleh-oleh khas Bali kontemporer dengan tekstur lumer di dalam dan berbentuk balok-balok kecil begitu Anda memakannya.
Rasa coklatnya cukup premium karena menggunakan jenis coklat Belgia. Sedangkan varian rasa terdiri dari coklat, matcha, dan taro.
Bagi Anda yang tertarik untuk membeli Heavenly Chocolate sebaiknya melakukan pemesanan secara online melalui Instagram karena belum tersedia secara offline.

  1. Arak Bali

Bali Arak termasuk dalam kategori minuman beralkohol yang penjualannya legal dan terdaftar di BPOM. Minuman ini menggunakan tuak aren yang melalui proses fermentasi hingga layak untuk dikonsumsi.
Souvenir khas Bali ini bisa Anda temukan di berbagai retail minuman beralkohol khusus di kawasan Sanur, Denpasar.
Di tengah pandemi Covid-19, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan non-darurat, sehingga tidak boleh dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih kekurangan fasilitas kesehatan.
Jika ingin bepergian antar kota atau antar negara, jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak fisik antar pengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

Akhir Kata

Itulah Artikel “9 Rekomendasi Souvenir Bali yang Harus Dibeli“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment