Ayam Penyet Ria, dari bisnis sederhana, kini telah hadir di luar negeri

MAKANANRINGANINDONEISA.COM – Deni Tandi, pemilik Ayam Penyet Ria, adalah salah satu dari sekian banyak orang yang pantang menyerah dan terus berjuang menghadapi berbagai situasi sulit. Kisah bisnis Deni yang awalnya dirintis oleh orang tuanya dan kini dikenal oleh masyarakat luas di Batam, Indonesia, bahkan di luar negeri, tidak dimulai dengan mudah.

Semuanya berawal ketika terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998 dan banyak orang harus memutar otak untuk mencari aliran pendapatan. Saat itu, untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan keluarganya, orang tua Deni memunculkan ide bisnis ayam penyet sederhana. Prosesnya tidak mudah, awalnya ia harus rajin memperkenalkan usahanya ke publik dan beberapa kali harus berpindah lokasi. Namun, kerja keras tidak mengkhianati hasil. Tak disangka cita rasa khas Ayam Penyet Ria disukai banyak orang dan hingga kini bisa dikembangkan secara luas.

“Dua puluh empat tahun yang lalu, pada saat krisis ekonomi, tujuan orang tua saya adalah menciptakan bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Modal dan idenya cukup sederhana, tetapi semuanya direncanakan dengan matang dan kami bersemangat menjalankannya. Hasilnya, sekarang saya bisa melanjutkan bisnis. Ayam Penyet Ria juga semakin dikenal masyarakat Batam dan perlahan saya juga memperluas jangkauan dengan mengajak beberapa keluarga yang berada di luar negeri untuk ikut memperkenalkan Ayam Penyet Ria ke pasar dan konsumen yang lebih luas. Hingga saat ini, Ayam Penyet Ria sudah memiliki enam puluh dua cabang yang tersebar di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia,” kata Deni.

Meski perkembangan bisnis Ayam Penyet Ria cukup pesat, namun dalam berbisnis akan selalu ada tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah pandemi yang hadir tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lain di tahun 2020. Dengan jangkauan Ayam Penyet Ria yang sudah merambah empat negara, pandemi tersebut menyisakan cerita perjuangan Deni dan usahanya. Untuk melaluinya, Deni berbagi tiga tips yang telah membantunya dalam mempertahankan bisnis Ayam Penyet Ria hingga saat ini.Tiga tips tersebut adalah:makananringanindonesia.com

Kerjasama adalah kunci ekspansi bisnis
Pada dasarnya, apa pun yang dilakukan bersama akan terasa lebih mudah. berlaku ketika menjalankan bisnis. Memang bisnis bisa terus berkembang walaupun dijalankan sendiri, tetapi bisnis bisa lebih berkembang lagi jika bisnis terbuka untuk kolaborasi. Hal ini dirasakan oleh bisnis Ayam Penyet Ria, yang selalu terbuka untuk bekerja dengan siapa saja. Dari enam puluh dua cabang yang saat ini dimiliki oleh Ayam Penyet Ria, beberapa cabang di Australia bekerja sama dengan kerabat, sedangkan di Singapura, Malaysia, dan beberapa kota di Indonesia dikembangkan melalui jalur waralaba.

Semangat pantang menyerah dalam menghadapi situasi sulit
Dalam hidup, terkadang banyak tantangan yang sulit untuk dilewati dengan cepat. Namun, Deni meyakini cara yang tepat untuk menghadapinya adalah dengan tidak putus asa dan fokus mencari titik permasalahan. Saat pandemi melanda, Deni pelan-pelan memetakan permasalahan yang dihadapinya dan memikirkan solusi bersama dengan rekan bisnisnya yang membantunya menjalankan bisnis Ayam Penyet Rianya di luar negeri. Alhasil, Deni dan timnya mampu menemukan berbagai strategi agar bisnis dapat bertahan, salah satunya dengan memanfaatkan ekosistem digital dalam aspek layanan, pemasaran, dan penjualan produk bisnisnya.

Cepat berinovasi dan beradaptasi
Untuk bisnis yang dimulai dari nol, keberhasilan membuka enam puluh dua cabang di berbagai lokasi merupakan pencapaian besar. Namun, Deni percaya bahwa kesuksesan bukanlah alasan untuk berhenti berinovasi dan beradaptasi. Hal ini juga dilakukan oleh Ayam Penyet Ria dengan mengadopsi teknologi dalam bisnisnya.
Situasi pandemi yang semakin mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan teknologi untuk bertransaksi juga mendorong Deni untuk mengadopsi layanan pembayaran digital yang menawarkan teknologi contactless seperti ShopeePay untuk usahanya pada tahun 2022. Selain itu, ia juga menambahkan layanan pemesanan makanan secara online seperti ShopeeFood. yang semakin mendorong penjualan. Ternyata, adaptasi yang dia lakukan bisa membantu bisnisnya tetap stabil beroperasi.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Ayam Penyet Ria, dari bisnis sederhana, kini telah hadir di luar negeri“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment