Berikut 10 Kue Bali yang Lezat dan Patut Dicoba

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Selain banyak pilihan makanan khasnya, Bali juga kaya akan kue-kue lezat. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya saat ingin ke Bali nanti. Tak perlu bingung kue mana yang harus Anda coba di sana.
Soalnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi untuk Anda di artikel ini. Beberapa rekomendasi yang bisa Anda baca adalah sebagai berikut:

1. Pie Susu

Pie Susu merupakan kue khas Bali yang cukup dikenal masyarakat dan wisatawan. Selain dikonsumsi langsung, kue yang satu ini juga biasa dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan. Orang Bali biasanya menyajikan kue ini untuk acara keluarga atau kegiatan ibadah.
Pie Susu sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan pie, namun sedikit lebih pipih. Di tengah kue ini, Anda akan menemukan fla susu kekuningan yang manis dan gurih. Kue ini cocok disantap langsung atau ditemani secangkir teh/kopi.

2. Pia/Bakpia

Tidak hanya Jogja, Bali juga memiliki kue Pia/Bakpia. Pia khas Bali sendiri ada tatanan serta materi yang serupa dengan Pia khas Jogja. Perbedaannya hanya pada isian Pia Bali yang lebih bervariasi. Selain mengandung kacang hijau. Ada juga pi khas Bali yang memiliki isian seperti coklat, keju, dan strawberry.
Di Bali, ada dua merek besar yang menjual Pia Bali. Kedua merek tersebut adalah Pia Legong dan Pia Elji. Kedua merek ini menyajikan Pia Bali yang enak dan isiannya banyak. Pia dari kedua merek ini tidak hanya cocok untuk Anda santap, tetapi juga untuk Anda bawa pulang.

3. Laklak

Secara tampilan, kue ini mirip dengan pancake yang banyak ditemukan di beberapa daerah di pulau Jawa. Perbedaan antara kue dan panekuk ini adalah warnanya lebih hijau (dan terkadang putih juga), dan bentuknya lebih kecil.
Kue laklak sendiri terbuat dari campuran tepung beras, air, dan daun suji. Campuran bahan tersebut kemudian ditempatkan pada cetakan yang telah diberi bara panas di bagian bawahnya. sehabis matang, kue ini hendak disuguhkan dengan gula merah cair serta taburan kelapa beret.

4. Jaje Injin

Jaje Injin adalah kue khas Bali yang terbuat dari ketan hitam. Bahan dasar tersebut nantinya akan dikukus hingga matang, kemudian ditiriskan. Setelah itu diberi taburan kelapa parut, dan gula merah cair diatasnya.
Meskipun itu kue, itu tidak terlihat seperti kue. Jika melihat tampilannya, Anda akan mengira bahwa kue ini adalah hidangan ketan hitam biasa yang ditaburi kelapa dan gula merah. Jaje Injin sendiri bisa Anda temukan di beberapa pasar tradisional di Bali.makananringanindoneisa.com

5. Banana Rai

Jika dilihat dari luar, kue ini kurang lebih mirip dengan Es Pisang Ijo khas Makassar. Bedanya Pisang Rai tidak diberi kuah manis dan es seperti Pisang Ijo, dan adonan hijaunya sedikit lebih encer.
Kue ini sendiri terbuat dari pisang yang dipotong menjadi beberapa bagian. Pisang yang digunakan adalah pisang tanduk; pisang raja; atau pisang ambon yang tidak terlalu lembek dan agak tua. Pisang yang digunakan akan dibungkus dengan adonan hijau yang terbuat dari tepung beras, santan, pewarna hijau, dan tepung tapioka.
Seperti kue-kue Bali sebelumnya, kue ini juga akan ditaburi kelapa parut dan gula merah, apalagi jika kue sudah matang.

6. Kaliadrem

Di Bali, kue ini biasanya digunakan sebagai sesajen untuk Galungan. Bagi yang belum tahu, Galungan adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan untuk merayakan kemenangan Dharma (kebenaran) atas Adharma (kejahatan).
Meski begitu, Kaliadrem juga bisa disantap dalam kehidupan sehari-hari. Kaliadrem sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan sejumlah bahan, seperti gula merah, gula pasir, sedikit garam, dan kelapa parut. Campuran tepung beras dan bahan-bahan tersebut nantinya akan dibentuk segitiga, ditaburi wijen, dan digoreng.
Kue ini memiliki rasa yang manis dengan rasa wijen yang kuat. Kaliadrem sangat cocok disantap bersama kopi dan teh pahit.

7. Bendu

Bendu adalah kue khas Bali yang biasa Anda temukan di Kabupaten Jembrana. Bendu memiliki tampilan seperti lumpia yang dibungkus daun pisang, dan memiliki isian manis hingga gula.
Bagian luar Bendu terbuat dari tepung ketan. Unti gula yang menjadi isian kue ini terbuat dari gula merah, garam, dan kelapa parut. Meski berasal dari Jembrana, kue ini juga bisa ditemukan di daerah lain di Bali, termasuk Denpasar.
Di Bali, kue ini biasanya disajikan dalam sejumlah upacara adat dan acara pemerintahan di sana. Meski begitu, Anda juga bisa makan kue ini di hari biasa.

8. Jaje Cerorot

Bisa dibilang ini adalah kue khas Bali. Keunikannya terletak pada bentuknya yang panjang seperti kerucut es krim Kue lain bernama Clorot terbuat dari gula kelapa yang dicampur dengan daun pandan, santan, dan air.
Campuran bahan-bahan tersebut kemudian dituangkan di atas tepung beras. Setelah itu, campuran bahan tersebut dibungkus dengan daun janur yang berbentuk kerucut dan memanjang. sehabis itu dikukus sampai matang serta pantas dimakan.
Kue ini biasanya ditemukan pada saat perayaan Nyepi. Kue ini juga bisa Anda beli di sejumlah pasar tradisional di Bali.

9. Jaje Pillow

Jaje Pillow adalah kue yang terbuat dari ketan putih dan diberi isian khusus. Isian yang digunakan biasanya pisang, kacang merah, atau kacang merah. Setelah diberi isian, kue ini nantinya akan dibungkus dengan daun muda dan diikat dengan tali bambu, sehingga bentuk kue ini menyerupai bantal.
Bentuknya yang seperti bantal membuat kue ini disebut Jaje Bantal. Selain disantap sebagai makanan ringan, kue ini juga biasa disajikan pada beberapa acara seperti pernikahan, menjamu tamu, dan sesajen. Khusus untuk momen pernikahan, kue ini biasanya dibawakan oleh pengantin pria.

10. Jaje Klepon

Klepon ternyata juga ada di Bali. Klepon Bali ini sendiri memiliki beberapa ciri khas tersendiri. Jaje Klepon memiliki bentuk yang lebih lonjong dibandingkan klepon khas Jawa. Teksturnya juga lebih kenyal dan tipis dibandingkan klepon khas Jawa.
Saat pertama kali menggigit kue ini, Anda akan merasakan sensasi gula berceceran di mulut. Kue ini sendiri memang memiliki isian berupa gula merah yang akan menyembur saat Anda menggigit kue ini. Klepon khas Bali ini bisa Anda temukan di pasar-pasar di Bali.
Bali memiliki sejumlah kue lezat yang patut untuk dicoba. Beberapa di antaranya telah kami rekomendasikan di atas. Semoga rekomendasi kami bermanfaat ya.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Berikut 10 Kue Bali yang Lezat dan Patut Dicoba“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment