Budaya, Makanan dan Ciri Khas Surabaya

DESKRIPSI KOTA SURABAYA
Surabaya merupakan kota yang terletak di Jawa Timur dan merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Surabaya terletak pada koordinat geografis: 7°16′LU 112°43′BT. Ikon kota Surabaya yang sangat terkenal adalah patung Ikan Sura dan Buaya yang saling bergulat. Selain patung ikon Sura dan Baya, Surabaya juga memiliki monumen fenomenal yaitu Tugu Pahlawan yang sangat bersejarah. Selain itu, Kota Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan karena di sinilah Bung Tomo mengobarkan semangat kemerdekaan bagi daerah Suroboyo.

BUDAYA SURABAYA
Surabaya merupakan kota multi etnis yang kaya akan budaya. Banyak suku bangsa yang bermigrasi ke Surabaya. Di Surabaya terdapat berbagai suku bangsa yaitu Melayu, Tionghoa, India, Arab dan Eropa, juga terdapat suku Nusantara yang terdiri dari Madura, Sunda, Batak, Kalimantan, Bali, Sulawesi. Mereka hidup menetap dan berpindah-pindah di Surabaya. Mereka hidup bersama dan berbaur dengan penduduk asli membentuk pluralisme budaya yang kemudian menjadi ciri khas kota Surabaya, yaitu akulturasi budaya. 

SENI DI SURABAYA
Kehidupan seni di Surabaya berkembang dengan baik. Seni tradisional dan seni modern juga saling melengkapi. Kesenian tradisional di kota surabaya tidak perlu diragukan lagi, karena banyak hal yang mendukung kesenian tersebut berkembang pesat. Beberapa jenis kesenian yang terkenal di Surabaya adalah kesenian Ludruk, Tari Remo, Gending Jula-Juli.

MAKANAN KHUSUS KOTA SURABAYA
Surabaya tak lepas dari sajian kulinernya yang lezat dan menarik. Tidak kalah dengan kota-kota lain, Surabaya juga memiliki ikon masakan Indonesia yang terkenal di seluruh Indonesia. Berikut sedikit penjelasan tentang makanan yang menurut saya sudah menjadi icon khas nusantara di kota Surabaya.makananringanindonesia.com

  • NASI GORENG JANCUK Nasi goreng jancuk

merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Mengapa demikian? Karena nasi goreng jancuk memiliki porsi yang sangat besar dan pedas, sangat menantang untuk dicoba. Satu porsi nasi goreng ini bisa dinikmati oleh 4-5 orang.

  • SEMANGGI SUROBOYO

Semanggi Suroboyo adalah makanan khas dari Surabaya yang berisi sayuran semanggi, kerupuk Puli dan bumbu-bumbu sebagai kelezatan untuk rasa makanannya. Ada banyak penjual semanggi ini di seluruh Indonesia tetapi yang paling enak dan paling otentik dapat ditemukan di Surabaya. barangkali semanggi ini cuma mampu ditemui di kota Surabaya.

  • RUJAK CINGUR

Bagi warga Surabaya, rujak cingur sudah tidak asing lagi di lidah mereka. Makanan yang unik ditambah dengan rasa yang muncul dari keberadaan petis membuat rujak cingur semakin nikmat di lidah. Isi rujak cingur biasanya bermacam-macam, yang paling umum adalah cingur daging sapi, sayuran, teh, tempe, lontong, tempe jes, dll.

  • SATE KELOPO ONDOMOHEN

Sate kelopo ondomohen adalah sate paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Surabaya. Hampir setiap hari warung sate lesehan ini ramai dikunjungi pelanggan.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Budaya, Makanan dan Ciri Khas Surabaya“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment