Daftar Makanan Bali Lezat

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Biasanya wisatawan akan diantar untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Bali yang halal di Bali. Jika penasaran dengan apa saja makanan tersebut, simak 11 rekomendasi makanan halal khas Bali berikut ini:

Ayam Betutu
Ayam Betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat terkenal terutama di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Betutu sendiri dalam bahasa Bali terdiri dari dua kata yaitu tutu yang artinya bakar dan Be yang artinya daging. Jadi secara harfiah, ayam betutu berarti ayam yang dibakar seperti proses pembuatannya.
Cara membuat Ayam Betutu sangat mudah, apalagi jika Anda mengikuti Resep Ayam Betutu di Internet. Hal terpenting yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu adalah Genep Base atau bumbu genep yang terdiri dari kemiri, lengkuas, dan lain-lain. Bumbu inilah yang menjadi dasar masakan yang akan membuat Ayam Betutu terasa gurih dan nikmat setelah dibakar di atas api sekam.
Anda dapat menemukan banyak Ayam Betutu yang dijual di berbagai tempat di Bali dan yang paling terkenal adalah Ayam Betutu Gilimanuk. Anda bisa menikmati Ayam Betutu Gilimanuk bersertifikat Halal di warung Ayam Betutu Bu Adi di Jl. Mutiara Gilimanuk. Harga satu porsi Ayam Betutu utuh biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 70.000,00 lengkap dengan sekeranjang nasi dan lauk pauk.

Sate Lilit
Selain Ayam Betutu, makanan khas Bali lainnya yang tak kalah populer adalah Sate Lilit, hidangan sate khas Bali yang lezat. Sate lilit terkenal dengan bentuknya yang berbeda dari sate kebanyakan yang dagingnya dicincang dan dililitkan pada batang serai. Bumbu yang digunakan juga merupakan bumbu khas Bali sehingga rasanya begitu enak dan disukai banyak orang.
terlihat banyak daging yang mampu dibubuhkan buat menciptakan sate rangkai, akan tetapi yang halal serta selalu sebagai opsi merupakan daging ayam.  Daging ayam cincang dicampur dengan santan, kelapa, merica, jeruk nipis, dan bawang bombay lalu dililitkan pada bambu atau serai. Kemudian sate tersebut dibakar di atas arang hingga matang dan siap disajikan selagi hangat.
Sate lilit banyak dijual di Bali namun terkadang menggunakan daging babi sehingga perlu berhati-hati jika ingin mencoba. Salah satu warung Sate Lilit yang enak dan Halal terletak di Denpasar tepatnya di Warung Be Paseh. Sate Lilit biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp. 4.000.00 per tusuk sate menjadi Rp. 50.000,00 per porsi tergantung tempatnya.

Nasi Jinggo
Nasi Jinggo merupakan salah satu Nasi Campur khas Bali yang wajib Anda coba saat berkunjung. Banyak juga yang menyebut Nasi Jinggo atau Nasi Jenggo sebagai nasi kucing Bali karena porsinya yang kecil. Makanan khas Bali ini sering menjadi alternatif hidangan yang disajikan saat upacara keagamaan, pertemuan, atau kegiatan tertentu.
Biasanya Nasi Jinggo disajikan menggunakan daun pisang dan berisi sejumlah lauk pauk seperti tempe kering, mie, dan suwiran ayam. Tak lupa tambahan serundeng dan potongan telur rebus yang membuat masakan ini semakin nikmat. Terkadang nasi yang digunakan diganti dengan nasi kuning atau lauknya menggunakan daging lain seperti daging sapi dan babi.  
Namun bagi anda yang ingin makan Nasi Jinggo yang halal dan enak bisa mencoba datang ke Jl. Thamrin. Warung Nasi Jinggo disini merupakan salah satu tempat yang menjual Nasi Jinggo halal dengan variasi nasi kuning. Harga Nasi Jinggo juga sangat murah karena hanya berkisar Rp. 2.000 hingga Rp. 4.000.

Bebek Bengil
Bebek Bengil juga bisa menjadi pilihan jika ingin menikmati makanan khas Bali yang otentik dan lezat. Makanan khas Bali ini adalah bebek goreng yang berasal dari Ubud dan menggunakan bumbu khas yang membuatnya begitu gurih. Bebek Bengil sering disebut bebek kotor atau bebek kotor karena warnanya yang coklat dan banyak bumbunya.
Ciri khas dari Bebek Bengil ini adalah tekstur bebeknya yang renyah hingga ke tulang sehingga Anda bisa menikmati semua bagiannya. Untuk membuatnya renyah, bebek direbus terlebih dahulu selama 3 hingga 4 jam, lalu direndam dalam bumbu hingga 12 jam. Setelah itu, daging bebek digoreng hingga berwarna kecokelatan dengan bumbu yang benar-benar meresap. Makanan lezat ini dijadikan salah satu wisata kuliner Bali oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.
Salah satu tempat yang terkenal untuk menikmati hidangan ini terletak di Ubud, tepatnya di Restoran Bebek Bengil Ubud. Anda juga bisa mengunjungi Bebek Tepi Sawah Resto yang juga menyediakan sajian bebek goreng khas Ubud ini. Untuk harga, satu porsi Bebek Bengil biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 75.000,00 sampai dengan Rp. 135.000,00 dengan porsi besar.

Bebek Betutu
Selain ayam, bebek juga bisa disajikan dengan bumbu betutu dengan cita rasa yang tak kalah enak dengan Ayam Betutu. Rasa khas daging bebek berpadu sempurna dengan bumbu betutu yang digunakan. Untuk membuatnya hampir sama dengan Ayam Betutu, yang membedakan hanya bahan utama yang digunakan adalah bebek.
Pertama, seluruh bagian bebek yang sudah direbus dibumbui dengan bumbu dasar genep dan bumbu harum yang sudah dihaluskan dan ditumis. Kemudian bebek tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dikubur dalam bara api hingga matang. Setelah matang bebek siap dihidangkan selagi hangat dengan nasi dan aneka lauk pelengkap lainnya.
Anda bisa menikmati Bebek Betutu ini di Jl. Merdeka Denpasar tepatnya di Warung Betutu Bu Nia. Warung ini merupakan satu-satunya tempat makan ayam betutu dan bebek yang memiliki sertifikat halal di Denpasar. Harganya juga tidak jauh berbeda dengan Ayam Betutu, mulai dari Rp. 70.000,00 sampai Rp. 140.000,00 per porsi.

Tipat Cantok
Jika ingin mencari makanan khas Bali yang halal, Tipat Cantok bisa menjadi pilihan karena terbuat dari berbagai macam sayuran. Dalam bahasa Bali, Tipat berarti ketupat, sedangkan Cantok sama dengan dilumatkan sehingga bisa diartikan sebagai ulek ketupat. Sepintas Tipat Cantok mirip dengan lotek tetapi dengan isian sayuran yang berbeda.
Sayur yang sering digunakan biasanya kangkung rebus, kacang panjang, dan juga taoge yang disiram sambal kacang pedas. Saus kacang yang digunakan terkadang ditambah jeruk nipis untuk menambah kesegaran atau bahkan terasi dan tauco. Ketupat yang digunakan juga merupakan ketupat khas Bali yang dibungkus dengan daun lontar agar rasa tetap terjaga dengan baik saat disantap.
Rasanya yang pedas dengan tekstur sayuran yang renyah dapat menambah nafsu makan dan mengobati rasa lapar Anda. Anda dapat menemukan banyak pedagang Tipat Cantok di setiap tempat wisata di Bali, terutama kawasan wisata seperti Denpasar. Satu porsi Tipat Cantok juga sangat murah dan terjangkau karena hanya berkisar Rp. 5.000.00 sampai Rp. 7.000.00 saja.

Ayam Bali
Nasi Campur Ayam Bali bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda kurang puas dengan nasi jinggo yang porsinya sedikit. Seperti namanya, makanan khas Bali ini menggunakan ayam sebagai lauk utama selain campuran lauk pauk lainnya.
Biasanya sepiring nasi disajikan bersama dengan lauk pauk seperti sate lilit, suwiran ayam, serta ayam lawar dan sambal. Untuk tambahan lainnya, telur, bihun, dan tempe kering kerap menjadi pilihan dan disediakan di sejumlah warung.
Salah satu warung nasi halal yang bisa Anda pilih adalah warung Wardani di Jl. Yudistira No.2 Denpasar. Harga Nasi Campur Ayam di tempat ini biasanya dibandrol sekitar Rp. 12.000,00 menjadi Rp. 35.000,00 tergantung lauknya.

Jukut Urap
Jukut Urap merupakan salah satu makanan khas Bali yang berbahan dasar sayur-sayuran yang mirip dengan urap-urap yang berasal dari Jawa. Jika diartikan secara harfiah dalam bahasa Bali, Jukut Urap sendiri berarti urap sayuran karena menggunakan berbagai macam sayuran.
Meski sekilas terlihat mirip, Jukut Urap dan Urap biasa sedikit berbeda, terutama dari racikan bumbunya. Jukut urap menggunakan tambahan sedikit santan, kacang tanah goreng, dan juga perasan jeruk nipis pada kuah urap kelapa.makananringanindonesia.com
Biasanya Jukut Urap disajikan di sejumlah rumah makan atau rumah makan tradisional Halal Bali yang tersebar di seluruh daerah. Harga Jukut Urap sendiri sangat terjangkau karena hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per porsi.

Bubur Mengguh
Bubur Mengguh adalah variasi bubur ayam yang hanya bisa Anda dapatkan di Bali dan wajib Anda coba saat berkunjung. Sekilas bubur ini memang terlihat seperti bubur ayam namun dengan isian dan cara memasak yang sedikit berbeda.
Bubur mengguh dimasak menggunakan santan yang dicampur dengan suwiran ayam pedas dan kacang tanah, terkadang ditambah jukut sayur di dalamnya. Rasa bubur yang gurih pedas begitu menggugah selera sehingga cocok untuk menu sarapan Anda di pagi hari.
Hidangan ini berasal dari Buleleng dan mudah ditemukan di Desa Tedjakula atau rumah makan khas Bali. Satu porsi Bubur Mengguh Bali ini biasanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000.00 tergantung tempat.

Sate Languan
Jika ingin mencoba Sate Lilit versi lain dan dijamin halal, Sate Languan adalah pilihan yang tepat. Sate ini menggunakan daging ikan seperti tuna atau makarel sebagai bahan utama pembuatan sate.
Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan sate lilit dimana dagingnya dicincang halus dengan parutan kelapa kemudian dibumbui dan dibungkus. Rasa daging ikan yang lembut memberikan sensasi berbeda saat digigit dan lumer di mulut.
Sate Languan sangat populer di daerah pesisir khususnya di Kabupaten Klungkung dan bisa anda nikmati di Warung Mertha Sari Klungkung. Sate Languan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 20.000,00 dengan beberapa tusuk sate diisi sambal dan lain-lain.

Nasi Tepeng
Nasi Tepeng merupakan menu sarapan khas Bali yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Bali, khususnya daerah Gianyar. Ciri khas Nasi Tepeng adalah teksturnya yang lembut dan pedas, rasa gurihnya mirip dengan rasa Nasi Uduk.
Rasa gurih ini didapat dari nasi yang dimasak dengan santan, sedangkan rasa pedasnya berasal dari bumbu khas Bali yang digunakan. Nasi tepeng biasanya disajikan dengan nangka, ayam goreng, kacang panjang, terong, dan telur di atas daun pisang.
Nasi tepeng dapat dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional di Gianyar dan sekitarnya, seperti Pasar Senggol di Gianyar. Untuk harga, Nasi Tepeng dibandrol mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000.00 tergantung lauk yang Anda pilih.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Daftar Makanan Bali Lezat“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment