Resep Telur Asin Brebes Lezat Tahan Setengah Abad

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – Telur asin khas Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sudah muncul sejak setengah abad lalu. Rasanya yang enak membuatnya diburu oleh para pengguna jalan yang melintasi jalur Pantura sebagai oleh-oleh.
Salah satu sentra penjualan telur asin Brebes terletak di Jalan Diponegoro, Brebes. Puluhan penjual telur asin berjejer di sepanjang jalan. Tidak hanya memiliki rasa telur asin asli (rebus), para pengrajin telur asin di Brebes juga membuat telur asin asap, bakar, dan bakar.  
Salah satu dari tiga puluh toko suvenir di daerah ini yang menjual telur asin dan cukup terkenal kelezatannya adalah HTM Jaya milik Khomarudin (52). Warung yang terletak di sebelah kiri dari barat (Jakarta) hingga timur (Semarang) ini menyediakan berbagai varian rasa telur asin, antara lain original, smoke, dan grilled.
Khomarudin menjadi pengrajin telur asin dengan melanjutkan bisnis keluarga yang dimulai hampir 50 tahun lalu. Dia adalah generasi kedua dalam bisnis rumahan.
“Awalnya keberadaan telur asin di Brebes menurut sejarahnya pada awal 1960-an. Namun, untuk keluarga kami, kami memulai sebagai pengrajin telur asin sejak awal 1960-an,” katanya.
Tidak banyak perubahan perkembangan telur asin yang dihasilkan hingga saat ini. Inovasi paling signifikan baru dirasakan dalam lima tahun terakhir.
Memang untuk rasa sendiri yang original (rebus) jadi favorit, meski ada rasa lain seperti smoked, grilled dan grilled, ujarnya.  
Telur asin Khomarudin cukup istimewa. Warna kuning telur asin yang dihasilkan lebih pekat dan asin (berminyak), sehingga rasa dominan gurih dan tidak terlalu asin.
Diakuinya, tidak mudah menghasilkan telur asin dengan takaran yang pas dan rasa yang enak. Menurutnya, rahasia membuat telur asin yang berkualitas membutuhkan kesabaran dan pemahaman terhadap bahan baku yang digunakan.  
“Dari awal harus diperhatikan penyortiran telurnya. Jangan sampai cangkang telur berlubang dan pastikan utuh. Dan juga bahan lain yang digunakan juga kualitas super,” jelasnya.
Selain itu, proses pembersihan cangkang telur juga dipastikan benar-benar bersih dan selama proses pemasakan harus sesuai dengan tahapannya.  
“Proses pembuatan telur asin di sini masih manual, mulai dari proses sortasi hingga memasaknya. Namun cara ini sangat efektif untuk membuat telur asin yang berkualitas dan bisa bertahan hingga satu bulan,” ujarnya.

Sumber Telur Bebek

Bahan baku telur asin di Brebes tidak hanya diperoleh dari peternak itik lokal di daerah Brebes. Ada juga telur bebek dari sejumlah daerah lain, antara lain Tegal dan Mojokerto, Jawa Timur.  
“Karena stok telur bebek di sini hanya cukup untuk memenuhi sekitar 30 persen dari total permintaan. Jadi, kami harus mendatangkan dari daerah lain, seperti Tegal dan Mojokerto (Jawa Timur),” kata Khomarudin.  
Ia mengatakan, kebutuhan bahan baku telur itik di seluruh wilayah Brebes mencapai 30 ribu butir telur per hari. Namun pasokan yang ada masih sangat kurang, sehingga perlu dibenahi lebih lanjut.  
“Terus terang kualitas telur itik di sini sangat bagus. Dibandingkan dengan yang dari luar daerah masih kurang meyakinkan,” ujarnya.  
Ada tiga varian telur asin yang dibuat oleh pengrajin telur asin Khomarudin dengan rasa original, telur bakar, dan telur asap. Ketiganya memiliki rasa yang berbeda pada putih telurnya.
“Untuk telur asin klasik, putih telur memiliki rasa asin dan gurih,” ujarnya.  
Sedangkan putih telur pada telur asin dan telur asap memiliki rasa asin, gurih, dan memiliki aroma bawang yang harum. Hingga saat ini, kata dia, sebanyak sembilan karyawan aktif setiap hari untuk memenuhi permintaan telur asin.   makananringanindonesia.com
“Kami bisa memproduksi telur asin hingga 2.000 per hari. Namun pada musim liburan, seperti Ramadhan dan Idul Fitri, produksi telur asin meningkat menjadi 10.000 ribu telur per hari,” katanya.  
Khomarudin mengatakan, harga jual telur asinnya Rp. 3.800 per butir telur asin asli (rebus). Sedangkan telur bakar dan telur asap dijual dengan harga Rp. 4.200 butir telur.
Selain telur asin siap saji, Khomarudin juga menjual telur asin mentah. Padahal, telur asin masih terbungkus abu hitam, sehingga konsumen bisa menentukan kapan telur tersebut akan dimasak. Harganya Rp 3.500 per butir.
“Kita juga bisa melayani pembelian telur asin mentah yang belum direbus karena lebih awet hingga dua bulan. Kalau mau dimakan, abu yang menutupi telur asin tinggal dibersihkan lalu direbus selama 10- 15 menit. Kalau dimasak telur asin bisa tahan sampai 30 hari,” ujarnya. .  
Pesanan telur asin tidak hanya datang ke tokonya saja, tetapi juga bisa dipesan melalui telepon untuk kemudian dikemas ke seluruh Indonesia.
“Kalau mau pesan lewat telepon bisa, nanti langsung kami kirim via express atau travel package. Agar customer cepat menerimanya. Yang penting konfirmasi order cepat dan kami akan langsung packing telur asin dengan aman. ,” dia berkata.

Cara Membuat Telur Asin

Saat ini ada dua cara cara membuat telur asin yaitu menggunakan cara tradisional dan modern dengan sistem oven listrik.
Cara tradisional menggunakan campuran abu atau batu bata, sedangkan cara elektrik modern menggunakan sumber listrik untuk mengolah telur bebek menjadi telur asin.  
Namun rata-rata pengrajin telur asin di Brebes masih menggunakan cara tradisional. Pertama, rendam telur dalam air selama kurang lebih 15 menit. Jika ada telur yang terapung atau terapung lebih baik dibuang saja karena berarti telur tersebut kualitasnya kurang baik.  
Setelah direndam, satu per satu telur dicuci sampai bersih menggunakan sikat hingga tidak ada kotoran sedikitpun yang menempel pada cangkang telur. Tiriskan telur dan keringkan dengan handuk lembut, perhatikan apakah ada retak atau tidak saat proses pencucian.  
Kedua, buat larutan air dan garam. Jika garam sulit larut, Anda bisa memanaskan air sambil diaduk perlahan hingga garam benar-benar larut.  
Biarkan air garam dingin kembali karena air hangat akan mempengaruhi proses pembuatan telur asin. Jika air dan larutan garam sudah dingin, tuang perlahan ke dalam wadah yang sudah diisi telur bebek.  
Hal yang perlu diperhatikan adalah semua telur bebek harus direndam dalam larutan air garam yang dicampur dengan abu, direndam selama 12 hari dan disimpan dalam ruang penyimpanan kedap udara untuk menghasilkan rasa yang enak dan asin.
Namun jika lebih lama lebih baik, lebih asin, lebih awet dan lebih kaya atau kurang lebih 3 minggu setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan, saatnya untuk proses perebusan telur asin.
Perhatikan juga cara merebus telur asin. Untuk hasil rebusan yang baik, telur direbus dengan api kecil, jangan direbus sampai matang kurang lebih 1,5 jam, agar telur tidak pecah karena berbenturan dengan telur lain jika panasnya besar dan mendidih.  
Saat merebus telur, panci harus terbuka. Selain direbus, telur asin mentah juga dikukus. Waktunya juga sama minimal 1,5 jam dengan api sedang.  
Jika Anda tidak suka rasa asin yang berlebihan, Anda bisa mengurangi jumlah garamnya. Yang terpenting adalah tidak mengurangi jarak waktu perendaman.
Cara memasak telur asin bisa diganti dengan cara dipanggang atau diasap. Yakni dengan memasukkannya ke dalam oven selama 60 menit untuk mendapatkan hasil telur asin yang bisa bertahan lebih lama.  

Ciri-ciri Telur Asin Berkualitas Telur asin

yang tergolong berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur agak kemerahan dan kering. Jika digigit, tidak mengeluarkan cairan, tidak menimbulkan bau amis, dan tidak memiliki rasa asin yang kuat, dengan tekstur berminyak.  
Telur asin yang berkualitas juga memiliki warna biru tua yang merata di seluruh kulit telur. Kemudian, pilih telur asin yang tidak memiliki cap di kulit telur.
Cairan tinta yang digunakan saat mengecap telur dikhawatirkan akan merusak rasanya, bahkan menyebabkan telur menjadi racun.
Pilih telur asin yang memiliki warna kuning telur cerah dan berminyak. Juga, pastikan tidak ada rongga antara kuning telur dan putih telur. Kuningnya juga berada di tengah, bukan di tepinya. 
Dengan ciri-ciri tersebut, hasil rasa telur asin dianggap sempurna dan disebut dengan Telur Asin Masir. Selain enak dan nikmat, telur asin juga mengandung semua unsur nutrisi dan mineral yang lengkap, kandungan kalsiumnya bisa meningkat 2,5 kali lipat setelah diasinkan.
Nutrisi dalam telur sangat mudah dicerna dan digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu, telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, dan orang tua.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Resep Telur Asin Brebes Lezat Tahan Setengah Abad“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment