Tari Topeng Sinok Atau Tari Topeng Brebes

MAKANANRINGANINDONESIA.COM – indah, luwes dan trendi dalam tarian Topeng Sinok. Tarian khas Brebes karya Suparyanto ini merupakan salah satu karya yang dipersembahkan oleh Dewan Kesenian Kabupaten Brebes untuk masyarakat kota. Didorong karena hingga saat ini, daerah tersebut belum memiliki tarian khas seperti daerah lain.
Tari Topeng Sinok, menceritakan tentang wanita Brebes yang pada umumnya adalah wanita pekerja keras. Kecantikan, keluwesan, dan keanggunannya tidak menyurutkan kecintaan mereka pada alam dan pekerjaan mereka sebagai petani. Tarian yang merupakan perpaduan antara kesenian Cirebon, Banyumas dan Surakarta ini seolah ingin mengatakan bahwa perempuan dari daerah perbatasan Jawa Tengah-Jabar ini bukanlah orang yang manja, cengeng, dan pemalas.
Penampilan perdananya, di Stadion Karangbirahi, tepatnya dalam Karnaval Budaya HUT ke-333 Kabupaten Brebes, melibatkan 100 penari. Kegiatan ini bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Brebes yang sangat concern dengan seni budaya. Tarian ini dibawakan dengan sangat menawan.
Ombak sampur yang diiringi langkah anggun para penari membuat ribuan penonton tercengang, takjub dan bangga, karena Brebes kini punya satu lagi karya budaya. Tentunya karya ini nantinya akan menjadi warisan turun temurun bagi masyarakat setempat.

Topeng Sinok memang diproyeksikan menjadi tarian khas yang nantinya akan dipromosikan dan diajarkan ke sekolah-sekolah dan dijadikan pelajaran muatan lokal. Ketua Dewan Kesenian, Lukman Suyanto, menegaskan Topeng Sinok akan disosialisasikan melalui sosialisasi dan pelatihan kepada seluruh guru tari di Kabupaten Brebes.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tarian ini dapat dikenal dan dikuasai oleh generasi muda yang mampu melestarikan kesenian tersebut. “SMA Negeri 1 Brebes dipilih sebagai percontohan proyek seni ini karena sekolah ini sangat mencintai seni. Sebelumnya sekolah ini memiliki seni teater, musik, dan paduan suara yang prestasinya telah mencapai tingkat Jawa Tengah,” kata Ketua Bidang Kesenian Kabupaten Brebes Majelis, Lukman Suyanto SH.makananringanindonesia.com

Promosi Seni

Setelah pertunjukan perdananya, tarian ini kemudian akan ditampilkan di Semarang, Jakarta dan Bali. Pada tahun-tahun sebelumnya, Dewan Kesenian Brebes juga selalu menampilkan kesenian binaan seperti Calung Bantarkawung, Umbul Randusanga Brebes, Sintren Larangan, Burok Tanjung dan lain-lain.
Bahkan, selama empat tahun berturut-turut ia selalu menjadi penampil terbaik di acara tahunan HUT Kabupaten Jembrana, Bali. Dalam acara-acara di Bali, Dewan Kesenian Brebes selalu menampilkan tarian ciptaannya, salah satunya tari Bawang Merah yang mendapat apresiasi dari para pegiat seni di Pulau Dewata.

“Tahun ini kami akan fokus mempromosikan tari Topeng Sinok,” kata Lukman.
Menurut dia, promosi kesenian Brebes akan terus dilakukan sepanjang tahun 2022. Acara seperti Pentas Budaya Jawa Tengah atau promosi pariwisata Kabupaten Brebes di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan digunakan untuk menggelar 8 menit ini. menari.
Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat Brebes mendukung budaya lokal yang akan menjadi kebanggaan bersama. Stakeholder seperti Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, organisasi kepemudaan dan lain-lain juga diminta untuk turut serta mengembangkan budaya besar ini.

Akhir Kata

Itulah Artikel “Tari Topeng Sinok Atau Tari Topeng Brebes“, Semoga bisa menambah wawasan kalian yah.
(‘TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI..’)

Leave a Comment